Gold Standard

Apa Yang Dimaksud dengan Gold Standard (GS)?

Gold Standard adalah sebuah standar sertifikasi independen untuk kredit karbon yang dihasilkan oleh proyek-proyek Clean Development Mechanism (CDM) atau Voluntary Emissions Reduction (VER).

GS dirancang untuk memastikan bahwa kredit karbon tidak hanya nyata dan bisa diverifikasi akan tetapi juga memberikan kontribusi terukur demi pembangunan lestari. Proses sertifikasi GS secara unik mensyaratkan adanya keterlibatan pemangku kepentingan lokal dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) di seluruh siklus kehidupan sebuah proyek. Tujuan sertifikasi GS adalah menambah komitmen pembangunan lestari sebuah perusahaan terhadap kredit karbon yang sudah ada maupun yang baru yang dihasilkan oleh proyek-proyek pengurangan emisi GRK yang dikembangkan agar tunduk pada pasar karbon sukarela.

Pada prakteknya, pengembang proyek menggunakan metodologi CDM atau metodologi GS dan sebagai tambahan menyiapkan sebuah 'Paspor Gold Standard'. Paspor ini mengandung tambahan informasi yang dapat menunjukkan bahwa proyek mereka akan berkontribusi pada pembangunan lestari dengan cara membuat kontribusi positif terhadap ekonomi, lingkungan, dan kesejahteraan sosial masyarakat lokal yang menjadi tuan rumah proyek tersebut.

Didirikan di tahun 2003 oleh World Wide Fund for Nature (WWF), GS adalah standar sertifikasi yang didukung oleh lebih dari 80 LSM di seluruh dunia. Gold Standard diatur oleh Yayasan Gold Standard, terdiri dari sekretariat berisi 30 orang di 10 negara berbeda dan didukung oleh Badan Yayasan, Komite Penasihat Teknis, suporter LSM, sejumlah ahli industri dan auditor yang sudah terakreditasi oleh UNFCCC.

Siapa Pengguna Sertifikat GS?

Sertifikasi GS bisa diterapkan di seluruh organisasi -tanpa memandang besaran maupun lokasi geografis - yang ingin menunjukkan komitmen mereka dalam hubungannya dengan pasar karbon offset sukarela. Banyak inisiatif diambil dalam kerangka energi terbarukan, efisiensi energi, manajemen limbah, dan penggunaan lahan dan hutan yang bisa disertifikasi GS demi memastikan bahwa mereka memang telah menunjukkan pengurangan emisi yang nyata dan permanen serta memberikan manfaat pembangunan lestari pada komunitas lokal yang dapat diukur, dilaporkan, dan diverifikasi. Untuk dapat disertifikasi GS maka sebuah proyek harus:

  • menggunakan satu atau lebih ukuran dalam kerangka energi terbarukan, efisiensi energi, manajemen limbah, dan penggunaan lahan dan hutan
  • patuh pada satu standar yang paling ketat
  • ecara positif memberi dampak terhadap ekonomi, kesehatan, kesejahteraan dan lingkungan dari komunitas lokal di mana proyek berada

Para pengembang proyek diwajikan untuk mengontrak pihak ketiga yang telah terakreditasi UNFCCC untuk melakukan validasi dan verifikasi terhadap proyek dan dokumentasinya yang menggunakan kriteria dan kelengkapan gold standard.

Manfaat

  • Pengakuan tingkat tinggi karena adanya kriteria sertifikasi yang ketat dan transparan
  • Dilihat dan dikenal secara internasional sebagai tolok ukur kredit karbon untuk mutu dan ketelitian dalam pasar karbon
  • Mendukung komitmen terhadap pengurangan emisi termasuk juga pembangunan yang lestari
  • Label gold standard meningkatkan nilai finansial kredit karbon sesuai tuntutan pembeli kelas tinggi.

Layanan LRQA

Validasi - mengevaluasi dan memastikan dokumentasi rancangan proyek terhadap persyaratan GS yang memungkinkan Anda mendaftarkan proyek anda dengan registri Gold Standard.

Verifikasi - memastikan bahwa data dan informasi yang Anda laporkan terkait emisi GRK dan parameter pembangunan lestari akurat dan sistem manajemen data juga memberikan infrastruktur untuk mengumpulkan dan menganalisa data dan informasi tersebut.

Informasi lebih lanjut silakan Anda kunjungi http://www.cdmgoldstandard.org